Friday, April 29, 2005

Betapa Menumpuknya Pekerjaanku...

Kadang aku merasakan enaknya menjadi wirausahawan dengan banyak pekerjaan ditambah tugas sebagai dosen sekaligus sebagai mahasiswa. Setiap hari terasa berbeda. Sehari dimana besok kemana. Di sini kerja apa di sana kerjanya sudah beda. Suatu hal yg sulit kudapatkan ketika harus bekerja suatu pekerjaan orang sebagai programmer biasa.

Beberapa saat di tengah perjalananku sebagai wirausahawan, ada saat-saat dimana aku menjadi lengah, loyo, kadang juga sakit, malas dan sifat negatif lain yg dapat menunda pekerjaanku. Padahal banyak sekali pekerjaan menumpuk. Lain dengan pekerja biasa yg gaji tetap diberikan setiap bulan walau sering produktivitasnya rendah. Sebagai wirausahawan, aku baru dapat penghasilan setelah pekerjaanku selesai sesuai dengan harapan client. Tidak hanya itu, jika pekerjaanku tidak selesai sesuai jadwal, bisa-bisa kena penalti. Bahaya kan?

Nah... minggu ini adalah masa-masa dimana aku sangat tidak produktif. Kemarin diare, tidak mood, tidak ada semangat, malas, loyo, masuk angin, dll. Padahal dead-line sudah mengancam. Ditambah tidak ada bantuan dari tim developer. Wah bisa-bisa deadline 1 Juni tidak tergapai.

Tapi itu baru sedikit dari suka-duka seorang wirausahawan. Masih banyak lagi suka dan dukanya. Kebanyakan sih di masalah keuangan. Bisa jadi kesukaan ketika dapat pembayaran, tapi bisa jadi kedukaan ketika pengelolaannya amburadul dan kehabisan uang ketika jadwal pembayaran berikutnya masih jauh.

Sekali lagi harus menyandarkan diri pada Tuhan.

No comments: