Friday, April 18, 2008

Kecewa Dengan Kinerja Anak Buah

Kemarin saya merasa kecewa ketika saat meeting internal divisi TIK ada staf senior yang tidak menunjukkan peforma yang baik, bahkan cenderung tidak ada hasilnya sama sekali. Padahal jangka waktu yang diberikan sangat cukup. Lalu apa yang dikerjakannya selama ini?

Minggu yang lalu pun saya mengalami hal yang sama, tetapi pada beberapa staf baru yang ditugaskan di divisi R&D. Pada kedua event itu saya mengungkapkan kekecewaan saya secara terang-terangan di hadapan mereka. Karena di setiap kesempatan briefing & meeting, saya selalu menekankan bahwa mereka bisa melakukan konsultasi pada saya atau staf senior lainnya setiap saat, di mana saja.

Saya juga sudah menekankan bahwa mereka telah dibekali sarana dan prasarana seperti notebook/komputer dengan sambungan internet supaya bisa mendapatkan semua yang diperlukan dari internet. Tapi rupanya hasilnya nihil.

Saya juga beberapa kali mengatakan bahkan jika mereka memerlukan training, silakan ajukan training yang sesuai yang dapat menunjang tugas dan pekerjaan mereka. Tapi sampai kemarin tidak ada satu pun yang mengajukan permohonan training.

Ya, saya harus melakukan interospeksi. Bagaimana kepemimpinan saya selama ini? Apakah saya sudah menunjang proses bekerja dan belajar mereka? Atau memang mereka yang benar-benar tidak memiliki kesadaran dan inisiatif? Seolah-oleh harus dipecut dulu baru bisa bekerja dengan maksimal. Intinya, harus ada pembenahan di diri mereka, baik hard skill mau pun soft skill. Dan saya membutuhkan lebih banyak lagi leadership skill.

No comments: