Monday, August 08, 2005

Kenangan Lucu Saat Mengajar (1)

Pekerjaan sebagai dosen sering dianggap sebagai pekerjaan yang santai dan menyenangkan oleh sebagian orang. Tapi aku pernah merasakan stres-nya mengajar. Yaitu saat tahun ajaran 20041. Saat itu aku harus mengajar di 2 perguruan tinggi dengan total 4 kelas yg dilakukan dalam 1 hari saja. Betapa nggak mabok, satu hari mengajar 4 kelas, dari pagi jam 8 sampai malam jam 21.

Menyiasati stress, seringkali dalam mengajar aku melemparkan lelucon ke para mahasiswa. Contohnya di sebuah kelas di perguruan tinggi yang terkenal sebagai sekolahnya bankir. Perguruan tinggi ini mengharuskan para dosen menggunakan pakaian formal lengkap dengan dasi. Tidak luput kemudian para mahasiswa juga harus menggunakan dasi.

Setelah aku lihat penampilan para mahasiswa culun yg baru lulus SMA kemarin itu menggunakan dasi kecil yg panjang, tak urung aku ketawa geli. Di mataku, mereka itu nggak pantes banget. Selain nggak match dgn warna pakaian & celana, gerak-geriknya juga kikuk. Jangankan mereka, aku saja merasa canggung jika harus menggunakan dasi dan selama mengajar aku tidak pernah pakai dasi.

Kontan saja mahasiswa bertanya mengapa aku ketawa. Langsung saja aku jawab: "Sekarang para mahasiswa harus pakai rantai ya?" sambil menarik dasinya. Kontan saja mereka protes, "Ini dasi, Pak! Bukan rantai! Emang saya doggy?"

1 comment:

Anonymous said...

Ooowh.. dosen ya. :) cool cool..