Saturday, August 06, 2005

TabletPC untuk Server?

TabletPC untuk server? Mengapa tidak? Sistem Operasi yang sudah terinstal adalah MS Windows XP Tablet PC Edition 2005. Kemudian instal XAMPP for Windows. XAMPP sudah mempaketkan Apache, MySQL, PHP, Pearl bahkan untuk Windows ditambahkan FileZillaFTP (FTP Server) dan Mercury (Mail Server).

Test pertama adalah menginstal Sisfo Kampus UNG (SIAT UNG) beserta databasenya. Ternyata berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan sama sekali. Berbeda ketika menginstall XAMPP di Ubuntu Linux yang sempat timbul kesulitan, walau pun akhirnya bisa.

Walau pun bisa dijadikan server, tapi saat ini aku belum mengetestnya untuk berjalan di lingkungan production. Pastinya akan terasa berat dan lambat, soalnya dengan AXIOO-ku yang spesifikasinya jauh lebih baik sudah terasa berat dan sempat gagal ketika dicoba sebagai server di UNG untuk melayani kurang lebih 20 client. Mungkin karena pakai IIS ya?

Oke, dalam beberapa hari ini aku akan test-drive Tablet PC-ku. Asyik juga menggunakan pen-nya. Sekarang aku sedang belajar menulis lagi. Maklum, sudah lama tidak pernah menulis dengan tangan, karena sudah terbiasa mengetik. Oh, iya, walau pun keyboard Tablet PC-ku kecil-kecil, tapi malah enak lho. Jariku tidak perlu loncat-loncat menjangkau tombol yang jauh. Nantikan pengalamanku berikutnya dengan TabletPC-ku.

No comments: