Wednesday, July 13, 2005

Open House OSS IGOS

Tgl 12 Juli kemarin kami dari Tim Sisfo Kampus (Saya, Sofian, dan Siska) turut meramaikan acara open house OSS IGOS. Kami turut serta dalam acara "Temu Bisnis". Sayangnya banyak peserta presentasi yg tidak dapat membawakan materi dengan baik. Banyak pula yg malah ngomong teori. Yang tadinya pemirsanya banyak, lambat laun jadi sedikit. Pembicara yg agak lumayan adalah dari dosen UAD (Universitas Ahmad Dahlan), sayang saya lupa namanya.

Dari banyak pembicara, saya rasa hanya kami yang membawa produk secara live. Kami bisa mendemokan program secara langsung. Jadi tidak sekedar ngomong doang. Sedangkan pembicara lain paling banter hanya memperlihatkan screen shoot. Dari sekian banyak pembicara hanya memperkenalkan produk, atau bahkan sekedar teori saja. Padahal saya yakin, banyak pemirsa yg ingin melihat dampak ekonomis mau pun teknis dari OSS. Sewaktu presentasi saya bicara kalau OSS sebenarnya juga bisa mendatangkan pendapatan, buktinya saya bisa hidup dan tersenyum sampai saat ini.

Ah... Sangat sayang, hampir sebagian besar dari mereka hanya "memanfaatkan" OSS, tapi tidak "menciptakan" OSS. Okelah RS Pertamina bisa saja membuat program memanfaatkan OSS, tapi saya yakin mereka tidak akan meng-OSS-kan software mereka. Lucu ya? Lucu lagi sewaktu lomba software OSS tempo hari, ada seorang peserta lomba yg terang-terangan tidak akan membuka source-codenya, padahal event-nya adalah lomba OSS.

Ada 1 hal yg sangat saya sayangkan dalam gelaran ini, yaitu banyak peserta (baik peserta pameran mau pun temu bisnis) yg ternyata hanya berkedok OSS. Saya banyak tahu latar belakang mereka yg bukan OSS. Dan akhirnya mereka pun mengaku pada saya kalau software yg mereka pamerkan yg mereka aku sebagai OSS ternyata tidak OSS. Kalau pun bisa didownload, ternyata sangat banyak fitur yg dikurangi. Jika ingin full-function, maka kita harus beli versi proprietary-nya.

Tidak lupa ada stand Microsoft yg jelas-jelas bermusuhan dengan OSS (tepatnya saling bermusuhan). Memang sih MS pernah mengeluarkan OSS, tapi rasanya cuma basa-basi untuk tetap merangkul basis developer & user yg telah hengkang ke OSS.

Terima kasih pada Mbak Lina dan teman-teman dari Sindoro yg menyempatkan diri datang ke pameran. Sayang Mbak Lina dkk tdk sempat melihat presentasi kami. Oh, iya, dari kupon kalian, ada 3 yg dpt door prize, hadiahnya: USB Flash Disk Nexus 128MB, 1 boneka pinguin besar dan boneka pinguin kecil.

No comments: