Saturday, July 09, 2005

Ubuntuku

Tiga bulan yang lalu saya memesan CD Ubuntu di www.ubuntu.com dan hari ini ketika pulang dari mengajar saya merasakan surprise karena CD yang saya pesan datang. Asyiknya hanya perlu menambah BEA LALU BEA sejumlah Rp 3rb saja. Dari sharing dgn teman-teman malah ada yg harus membayar biaya pengiriman sampai ratusan ribu (keluhan ini bisa dicari di www.benpinter.net).

Sebenarnya sih sudah copy dari teman karena tidak sabar mencoba distro nomer 1 di distrowatch. Tapi saya surprise karena selain gratis, mereka tdk tanggung-tanggung dalam soal jumlah. Sewaktu saya meminta 5 CD, mereka menawarkan 10 CD sekalian, dengan alasan ongkos kirim akan lebih mahal dari biaya produksi. Ya sudah, saya minta 10 sekalian untuk platform x86. Dan memang saya menerima 10. Tapi setiap sampul berisi 2, yaitu install CD dan live CD. Betapa murah hatinya mereka. Sudah gratis dikirim pula. Tidak ada pesan-pesan sponsor berlebihan, cuma tulisan dibelakang: Ubuntu is sponsored by Canonical Ltd.

Review tentang Linux-ku ada di: Linux-ku Tersayang. Sekalian mau koreksi kalau Mandrake yg pertama kucoba adalah versi 7.2.

Betapa hebatnya dunia open source. Bravo OSS. Oh, iya, saya juga telah melakukan hal yang sama dengan Sisfo Kampus, tetapi dalam jumlah yang terbatas, karena pembiayaan murni dari kocek pribadi. Jadi maklum ya?

No comments: