Saturday, July 09, 2005

Ubuntu + XAMPP + Sisfo Kampus = COOL OSS

CD Ubuntu sudah punya dan XAMPP sudah didownload. Keduanya sudah lama di tangan. Tapi niat & semangat baru timbul sekarang. Akhirnya dengan semangat 45 ngoprek XAMPP di Ubuntu. Satu jam ngoprek hanya untuk menjalankan XAMPP. Kok lama? Iya, karena MySQL, XAMPP (welcome page+tools), phpMyAdmin tidak bisa jalan. Kenapakah gerangan? Pemecahannya mudah, yaitu: chown nobody:root ke beberapa direktori pendukung. Baru deh semua jalan: Apache, MySQL, dan PHP serta tools-nya yang lain. Semuanya versi terbaru lho!

Apa yg memotivasi saya? Ada 2, yaitu: Persiapan diskusi/temu OSS di acara IGOS pada hari Rabu 13 Juli nanti dan juga datangnya 10 set CD Ubuntu. Kombinasi yg membuat adrenalin naik.

Ngomong-ngomong persiapan utk OSS IGOS apa sih? Ya itu, install Sisfo Kampus di Ubuntu. Kalo di distro Mandrake & RedHat sih sudah biasa, tapi kini di Ubuntu yang dikenal sebagai distronya desktop dan laptop. Terima kasih bantuan dari XAMPP.

Yang jelas, nggak lucu jika nanti pada acara OSS IGOS kita pake distro-nya Microsoft. Eh... kok distro... Maksudnya sistem operasi dari Microsoft. Kalau bisa semua yg ditampilkan OSS juga, termasuk Ubuntu, XAMPP, OpenOffice, dan tentu saja Sisfo Kampus, my first and ever OSS.

1 comment:

Anonymous said...

mas saya mo tanya donk.. saya dah install xamppnya /opt/lampp trus saya nyoba create database tapi saya bingung database yang saya buat di taro di folder mana y??klo di windows kan di xampp/mysql/data..
mohon bantuannya
makasih