Tuesday, March 08, 2005

Kesimpulan Terakhir Rusaknya Harddiskku

Notebook baru beli, tapi seminggu kemudian harddisknya rusak. Kenes nggak sih? Sialnya aku nggak backup gara-gara terlalu sibuk dan bangga dgn notebookku ini. Alhasil harus beli harddisk baru Seagate 40GB urunan dengan perusahaan.

Usut punya usut, ternyata harddisk lama 40GB IBM TravelStar rusak karena masalah sepele. Bukan karena guncangan, benturan atau jatuh, tetapi lubangnya yg dihiasi tulisan "Do not cover" tertutup oleh casing harddisk notebook. Lubang di casing tidak pas dengan lubang harddisk, jadi lubang harddisk tertutup dengan rapat. Seminggu sistem masih oke-oke saja, tapi seketika sistem blue screen dan tidak pernah bisa boot lagi. Setelah dibuka, lubang harddisk tsb agak hangus. Rupanya itu jalan keluar panas internal harddisk sekaligus akustik harddisk. Pantas saja kok seminggu pakai tidak terdengar bunyi harddisk sama sekali.

Sekarang setelah diganti Seagate yg lubangnya pas dengan lubang casing, suara harddisk jadi terdengar. Dan rasanya sistem berjalan dengan lancar dan kencang. Ah... jangan memuji dulu... jangan-jangan sistem hang lagi. Ya sudah... mengantisipasi hal itu, aku mau backup dulu...

No comments: