Tuesday, March 08, 2005

[Lagi-lagi!] Pentingnya Backup

Sudah beberapa kali aku kehilangan data. Biasanya sih karena harddisk rusak. Beberapa hari yang lalu bencana itu menimpaku lagi. Harddisk rusak lagi. Untungnya aku sudah backup dataku, tapi sayangnya seminggu sebelumnya. Yah... untunglah karena masih ada backup walau seminggu yang lalu, tetapi itu menjadikanku tidak terlalu sedih. Dulu sekali aku pernah nangis gara-gara data hilang dan aku tdk mempunyai backupnya. Semua data kuliah semasa di Undip termasuk TA (Tugas Akhir)-ku hilang-lenyap. Sampai hari ini aku masih sedih jika mengingatnya.

Menyadari pentingnya data bagiku, bagi hidupku dan tentu saja hidup keluargaku, aku jadi harus sering-sering mem-backup data. Sayangnya memang aku kurang disiplin. Contohnya ya itu tadi, kejadian rusaknya harddiskku. Selama seminggu aku belum backup lagi. Jadi beberapa file harus kubuat ulang. Padahal aku sudah dipersenjatai perlengkapan backup yg lumayan lho! Ada Zip Drive 250MB beserta 4 buah disk-nya dan juga Flash Disk 128MB. Semuanya sudah dimodalin perusahaan. Tapi kok ya bencananya pas banget gitu.

Seperti film-film action yg menekankan adanya rencana backup, semestinya data itu juga harus ada backupnya. Sayangnya banyak orang yg masih kurang memperhatikan pentingnya backup ini. Kalau sudah kesandung baru sadar.

Dan yg pasti, sekarang s/w dan h/w untuk backup sudah canggih. Tidak hanya backup file per file, tapi sudah per device, dalam hal ini harddisk. Jadi seluruh harddisk akan dibuatkan image-nya dan disimpan di media lain. Ketika harddisk atau sistem rusak, image backup tsb kemudian direstore dgn isi sama persis seperti waktu dibackup. Jadi tdk usah sulit-sulit men-setting sistem, tapi sistem langsung dapat dijalankan persis sama seperti sebelum rusak.

No comments: