Wednesday, March 09, 2005

Terjebak Naiknya Harga BBM

Harga BBM naik. Masyarakat menolak. Pemerintah bersikeras dan mengusulkan relokasi dana [yg dianggap sebagai subsidi oleh pemerintah] ke pos lain. Pemerintah berjanji untuk dapat dgn transparan menyalurkan "subsidi"-nya dan sibuk berpikir mekanismenya.

Di tengah problema ini, pemerintah tdk memberikan alternatif yg baik. Padahal banyak sekali alternatif yg dapat diajukan oleh pemerintah. Untuk pengganti bahan bakar kendaraan bermotor, kita bisa menggunakan BBG (bahan bakar gas) yang pernah dicanangkan lewat program Langit Biru, atau penggunaan BBO (bahan bakar organik) dari kelapa sawit yg dapat menggantikan solar. Jika mau canggih, kita bisa menggunakan fuel cell yg sekarang mulai marak di Amerika & Eropa.

Sedangkan untuk mengganti minyak tanah, kita bisa menggunakan kotoran kerbau yg bisa dijadikan biogas. Dan bisa digunakan untuk menyalakan kompor. Berikut adalah resources yg saya temukan.

Sampah Organik, Kotoran Kerbau Sumber Energi Alternatif
Tawaran Bahan Bakar Murah buat PLN
Kompor Tenaga Sampah

Sebenarnya masih buanyaaaaaaaak lagi. Tapi kok ya pemerintah tdk begitu peduli. Minimal mengenalkan teknologi ini pada masyarakat sehingga bisa menghemat, karena sebagian besar bisa diproduksi sendiri. Bahkan bisa menjadi industri rumahan.

Salam buat pemerintah. Tolong berikan kami alternatif sehingga pemerintah bisa menjadi populer lagi.

No comments: