Friday, June 24, 2005

Peran Weblog

Sekarang weblog sdh sangat memasyarakat. Tidak hanya orang TI yg memiliki, tetapi ibu rumah tangga pun sudah jamak mengisi weblog dengan ide-ide segar dan pemikiran-pemikiran yang kritis.

Bagi saya, weblog adalah saluran untuk menuangkan ide yg sekilas berkelibat layaknya ilham bagi seorang artis atau pelukis. Tidak dipungkiri bahwa sering kali tulisan tersebut cenderung norak, tapi bagi saya itu wajar dan manusiawi. Tidak semua orang dapat selalu pada kondisi puncak baik fisik mau pun psikis.

Selain itu weblog juga berfungsi sebagai diary, tempat kita menuangkan semua kegiatan dalam hidup kita. Saya menganggapnya sebagai artifak dari hidup kita. Jika jaman purbakala manusia mengukir atau menggambarkan kegiatan atau kehidupan mereka pada batu atau dinding gua, sekarang kita melakukannya di media elektronis. Jadi kelak anak-cucu kita dapat melihat budaya kita saat ini.

Nah, berkaitan dengan weblog, sebenarnya orang lain (masyarakat) dapat lebih mengenal kita lewat weblog kita. Mereka dapat menilai seperti apa diri kita. Itulah mungkin yang menyebabkan seorang teman saya ogah membuat weblog, "Malu, tidak ada yg penting yg dapat dituliskan," katanya.

Singkat kata, weblog selain menjadi media tempat kita menuangkan segalanya, juga berfungsi sebagai media agar masyarakat mengenal kita. Hal ini sangat dipahami oleh dunia bisnis. Sekarang semakin marak perusahaan yg memiliki weblog, selain untuk memperkenalkan produknya, juga untuk menyebarluaskan fitur dan perkembangan produknya. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap produk yg kompetitif selalu terus berkembang dan masyarakat perlu mengetahuinya.

Jadi tidak hanya untuk manusia, weblog juga berperan penting bagi organisasi dan produk/jasanya. Saya berpikir seandainya setiap pejabat teras di Indonesia diharuskan memiliki weblog dan wajib mengisinya secara rutin, kita dapat menilai kualitas mereka dan juga mengawasi gerak-geriknya. Selain juga untuk catatan apa yg pernah dijanjikan oleh mereka kepada masyarakat. Meluangkan 5 menit sehari untuk menulis blog bukanlah hal yg sulit kan?

No comments: