Wednesday, December 07, 2005

Recall Yamaha MX?

Sudah 2 minggu sebelumnya aku telah mendengar isyu recall Yamaha Jupiter MX. Tetapi baru hari Senin (05/12/05) aku ke dealer Yamaha Kalimalang, yaitu Artha Prima (AP). Setelah pagi diperiksa aku akan dihubungi lagi siangnya setelah onderdil datang, soalnya sedang tdk ada stock katanya. Habis itu aku mengantar Sisi beli tiket pulang ke Semarang.

Siang setelah dihubungi aku langsung cabut ke AP. Komponen yg diganti ada 2, yaitu: compression nuts (baut kompresi) dan shockbreaker belakang (monocross). Compression nuts diganti karena tdk presisi & tdk balance, efeknya bisa merusak water pump & mengakibatkan olie & air radiator bercampur. Sudah ada 2 MX yg mengalami hal ini. Puji Tuhan MX-ku tdk (belum) rusak. Sedangkan shockbreaker belakang diganti karena pengerjaannya tidak rapi, las-lasan tidak penuh melingkar, tapi hanya beberapa titik saja. Konon shockbreaker ini adalah produk Thailand, kemudian ketahuan tdk memenuhi syarat oleh prinsipal Jepang. Akhirnya harus diganti.

Penggantian dilakukan dgn cukup cepat. Tapi setelah semuanya selesai, ternyata mekanik melihat bahwa shockbreaker depan kiri bocor. Pantas saja bawaannya nggak enak, terutama pas belok ngebut. Kupikir jalanannya yg nggak beres, rupanya motornya yg nggak beres. Sayangnya di AP tdk ada stock & kalau pun diperbaiki hanya diganti seal-nya, itupun harus bayar. Kemudian direkomendasikan claim ke Yamaha Pekayon.

Di Yamaha Pekayon disuruh nunggu orang dari pabrik soalnya mekanik tdk tahu apa yg harus dilakukan. Terbetik sudah 2 MX lain yg juga bermasah di shockbreaker depan. Menunggu 2 jam di lingkungan yg berisik & bau adalah hal yg menyebalkan. Akhirnya konfirmasi ke mekanik & oleh Kepala Bengkel cuma dicatat nomer HP & dijanjikan akan dihubungi jika shockbreaker depan sudah ada. MENYEBALKAN!! Tahu begitu kan tidak usah BETE nunggu 2 jam lebih.

Sampai rumah konek ke YM & chatting dgn Bro DonX yg telah lebih dahulu klaim MX-nya. Diberi tahu olehnya kalau klaim saja ke YSS Cemput (Cempaka Putih). Kemudian doi memberikan nomer telpon YSS Cemput. Langsung saja kuhubungi & diterima Customer Service-nya yg ramah.

Besoknya, Selasa (06/12/05) aku sambangi. YSS ini baru, bahkan sebulan sebelumnya belum buka. Aku tahu karena aku sering lewat dlm rangka ke KIA Garuda. Selain strategis juga sangat luas. Layanannya lengkap: sales, service & spare part. Ruang tunggu ber-ac & ber-tv sangat nyaman & asyiknya dpt teh botol & 1 snack. Pemilik tdk diperkenankan masuk areal service, tapi kita bisa melihat perbaikan dari ruang tunggu berkaca lebar. Mirip melihat aquarium.

Sayangnya shockbreaker kiri yg rusak hanya diganti seal-nya, tdk diganti 1 gelondong, padahal katanya diganti segelondong. Kata mekanik karena tabungnya tdk baret, jadi tdk perlu ganti semua. Rada kecewa sih, kan asyik kalau diganti sekalian.

Senang karena selama menunggu bisa saling tukar pikiran dgn pemilik MX yg lain. Memang sih yg bermasalah adalah MX dgn SIN antara 13ribu s/d 23ribu. Lah, SIN MX-ku 8127. Berarti generasi paling awal, berarti memiliki masalah paling banyak yak? Tapi kok tdk masuk rentang recall ya?

Selesai perbaikan MX-ku dimasukkan ke washer room, rupanya dicuci. Asyik juga, soalnya sdh kehujanan waktu jemput Sisi tapi blm sempat dicuci. Habis itu langsung ke Sindoro untuk syukuran tahap 1. Sayang MX masih bunyi saat lewat lubang dalam atau tonjolan tinggi.

Walau pun ada dukanya, secara garis besar aku puas dgn MX-ku. Selain produk yg bagus, aku juga salut dengan pelayanan Yamaha (secara garis besar). Tdk salah jika Yamaha meraih ICSA award. Sayangnya recall tdk diberitahukan langsung ke pemilik MX, baik melalui surat mau pun telephone, mungkin karena Yamaha tdk memiliki database customer? Masak sih? Kan sdh menang ICSA?

1 comment:

sgharjono said...

thx's info nya smoga bermanfaat buat yang lain. uppp........sss maen juga ke blog ku.