Sunday, November 27, 2005

Ditemukan Jupie MX Cacat

Ditemukan 2 buah Jupie MX cacat di seputar water pump. Berita ini dimuat di tabloid Otomotif edisi 30/XV tanggal 28 November 2008. Kedua motor bermasalah ini ditemukan di bengkel resmi Yamaha Fatmawati saat service pertama 500 km. Bermula ketika mekanik menemukan oli mesin tercampur air radiator sehingga tampak berwarna kopi susu dan encer.

Disinyalir problem datang dari as water pump yg duduk secara miring di rumah waterpump sehingga tidak center. Akibatnya air menyeberang ke jalur pelumasan dan menyatu dengan oli mesin. Salah satu petinggi YMKI, yaitu Abidin seperti yang diulas di Otomotif, belum berani memberi pernyataan dan berjanji akan segera memberi pernyataan setelah masalah dibahas di pusat.

Sedikit tips dari otomotif: selalu cek pelumas untuk memastikan oli tidak berwarna kopi susu akibat tercampur dgn air radiator. "Bila perlu, sebelum motor dipanaskan, setiap hari selalu buka tutup pengisian pelumas," ujar seorang mekanik yg tidak mau disebutkan namanya.

Sedangkan dari YJOC (Yamaha Jupiter Owner Community) menekankan kedisiplinan saat akan menyalakan Jupie MX, yaitu menunggu indikator radiator yg berwarna merah itu sampai mati dulu baru nyalakan mesin. Memang ini sudah tercetak di buku panduan pemilik.

Kita tunggu berita selanjutnya dari YMKI. Sampai saat ini MX-ku masih belum ditemukan masalah. Semoga motor Jupie MX-ku tidak bermasalah ya?

No comments: